Senin, 10 Oktober 2016

Pengalaman PTS Smp Labschool 2016
            

         Nama saya Diyan Fattah Kwana kali ini saya akan menceritakan pengalam PTS. Pada hari senin,3 oktober 2016, smp labschool Jakarta melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS),kegiatan diadakann selama lima hari mulai dari senin sampai jumat. Setiap pagi siswa kelas 7,8,9 dikumpulan di hallma untuk melakukan doa bersama,doa bersama diadakan pada pukul 7.15 tetapi banyak siswa yang hadir sebelum jam 7.15 karenan ingin belajar bersama disekolah.

Pada penilaian tengah semester ada 10 mata pelajaran dan setiap hari ada dua pelajaran pada jam pertama dimulai pada jam 7.30-9..30, dan jam pelajaran kedua pada jam 10.00-11.30.Saya ada di rungan ke-13 yaitu di lantai 2 tepat nya di kelas 8E.Kelas saya digabung dengan kelas 7D saya duduk bersama bintang adkel .Pada hari senin ada Bahasa Indonesia dan agama,pelajaran Bahasa Indonesia kita mempelajari tentang teks berita, fable, dan puisi, menurut saya teks berita dan fabel lebih gampang dari pada tentang puisis karena pelajaran teks berita dan cerita fable sering dibahas oleh gurunya sedangkan puisi jarang di bahas oleh gurunya dan teks berita dan fable catatanuya banyak sedangkan puisi tidak ada catatan pelajaran kedua ada agama islam, sedangkan yang non muslim belajar sesuai agamanya masing masing agama islam belajar tentang bab 1, bab 2, bab 3

 Pada bab 1 kita mempelajari tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana, pada bab 2 kita belajar tentang makanan halal dan haram yang terakhir ada bab 3 yang berisi tentang larangan meminum minuman keras dan berjudi.Pada hari selasa ada pelajaran matematika dan prakarya menurut saya matematika merupakan PTS yang paling susah.Materi nya adalah Pythagoras dan Aljabar.Alhamdulilah saya mengerti kedua pelajaran tersebut namun pada saat Tes bagian Pythagoras  bisa dibilang sangat susah.Kemudian prakarya tentang pengolahan limbah menurut saya lumayan mudah walaupun saya tidak sempat belajar prakarya karena fokus pada matematika.

Pada hari rabu ada pelajaran Bahasa inggris dan Pendidikan Kewarganegaraan.Bahasa inggris dilaksanakan duluan waktu nya adalah dari pukul 7.30 yaitu setelah doa bersama sampai pukul 9.30 tetapi bel pertama adalah pukul 9.15.Bahasa inggris saya dapat menyelesaikan dengan baik.Kemudian saya istirahat dan sekaligus belajar.Karena pasti Pkn akan sangat susah.Disebabkan karena guru saat mengajar nya tidak dapat menjelaskan dengan baik sehingga kami harus belajar dari berbagai sumber termasuk slide dan rangkuman yang saya dapat dari kelas lain.Sambil belajar kami juga bercanda untuk mengilangkan rasa stress dan jenuh pada akhir nya saat itu disebut waktu istirahat yang harus nya digunakan untuk bertawa canda.Kemudian terdengar bel menandakan waktu nya PTS yang ke 2 yaitu Pkn.Sebelum mengerjakan tak lupa saya berdoa.Alhamdulilah saya dapat mengerjakan walaupun ada 3-4 nomer yang ragu.

Pada hari kamis ada pelajaran IPA dan Seni Budaya.IPA sangat susah terutama biologi hafalan nya luar biasa banyak terutama pada materi rangka manusia.Pada materi gerak pada tumbuhan cukup mudah karena tidak terlalu banyak dan saya sudah mengerti.Materi fisika nya adalah gerak dan gaya,cukup mudah karena Antara gerak dan gara cukup sama/saling berkaitan.Seni budaya tidak kalah susah hafalan nya sangat banyak karena ada materi seni rupa dan seni musik.Selesai PTS pada hari itu saya sangat capek dan lelah setelah kemarin perjuangan belajar sampai malam.

Pada hari jum’at ada pelajaran ips dan penjasorkes.Materi ips adalah asean,tatapi kami hanya fokus pada 5 negara yaitu Indonesia,Malaysia,Singapore,Thailand dan philiphina.Pada hari itu merupakan titik jenuh saya setelah 4 hari berturut-turut melakukan PtS namun sekaligus saya senang karena hari terakhir PTS.Materi Penjasorkes adalah handball dan lari jarak menengah.Materi jarak menengah sudah di pelajari pada keals 7 jadi hanya mengulang,namun untuk handball merupakan materi baru.Seperti biasa kami berdoa kemudian menuju ruang masing masing untuk melakukan PTS.Berjam-jam telah berlalu sampai akhir nya pukul 10.45 yaitu pada saat PTS  terakhir (penjasorkes) bel berbunyi manandakan akhir PTS Smp Labschool Jakarta 2016.Saya sangat senang namun takut menunngu hasil nilai namun saya tatap optimis nilai nya bagus semua. Amin..


1 komentar: