Senin, 28 November 2016

PENSI VETRICIA

Vetricia, itulah nama angkatan kami. Pensi ini dibuat oleh kami, dari kami, dan didedikasikan untuk kami. Sebuah proyek angkatan turun temurun di Labschool. Untuk angkatan 24 ini, dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 November 2016. Pensi ini dihadiri murid dari tiga angkatan serta tamu undangan dari dua Labschool lainnya dan juga sekolah-sekolah yang telah menjalin hubungan dengan SMP Labschool Jakarta.
Keadaan panggung di pagi itu sudah tertata rapih dan hanya memerlukan sedikit pembenahan. Saat masuk melewati lobby, akan terlihat dua meja penerima tamu dan sebuah pintu yang telah dibuka dan dihias layaknya pintu teater dan tertata papan broadway bertuliskan “VETRICIA”. Saat melanjutkan perjalanan lebih kedalam, ada sebuah papan berisikan poster dari film – film klasik Hollywood yang ternama. Dan diseberangnya terdapat pajangan – pajangan menyerupai gedung yang lumayan tinggi, dilengkapi dengan taksi khas berwarna kuning serta Hollywood star yang tertempel di sepanjang jalan menuju lapangan tempat panggung utama berada. Bintang itu bertuliskan nama-nama kelas beserta tanda tangan dari para wali kelasnnya masing – masing.
Dihari itu, para panitia hadir pagi agar dapat memastikan bahwa semuanya telah siap dan rapi. Acara kami mulai pukul, 07.30 dan dibuka oleh penampilan dari Calung. Setelah itu, dihadirkan pula kepala sekolah SMP Labschool Jakarta untuk secara resmi membuka dan memulai Pentas Seni Vetricia. Penampilan dimulai dari penampilan undangan oleh TK Labschool dan dilanjutkan dengan persembahan dari para panitia, yaitu flashmob yang disesuaikan dengan tema pensi Vetricia yaitu, broadway. Dan dilanjutkan kembali dengan penampilan dari Zelofus 24, yang menarikan tarian tradisi. Setelah berselang beberapa penampilan, ada istirahat untuk menunaikan ibadah sholat. Setelah sholat, dipersilahkan makan dan membeli beberapa jajanan yang telah disediakan, dan acara pun kembali dimulai dan diisi oleh penampilan dari tamu undangan 2 Labschool lainnya. Setelah itu mulailah penampilan tarian modern dari Zelofus 25, 24, dan 23. Tentunya semunya keren. Setelah itu ada performance dari SMA Labschool Jakarta yang merupakan team dance. Yaitu Diva Dance.
          Semakin sore acara semakin seru dan semakin ramai, ditambah pula penonton dari kakak kelas 9 yang baru keluar pemantapan. Seperti tahun – tahun sebelumnya, pada bagian penampilan band yang memainkan lagu yang membangkitkan semangat, kami membuat lingkaran besar bersama kakak kelas dan berlari bertabrakan dan tertawa ria.
          Ada teman kami dari labsky yang diundang untuk memberi penampilan. Dia melakukan atraksi dj dan tentunya itu sangat seru dan kami berlompat – lompat, menari – nari ria. Dia membawakan sekitar 4 lagu dan setelah dia selesai tampil, acara dilanjutkan seperti biasa.
          Acara berlangsung lancar hingga pukul 5 sore. Pukul 5 sore acara ditutup dengan penampilan dari band Far Eastern yang beranggotakan kakak – kakak kelas sembilan yang sangat berbakat. Penampilan mereka merupakan penutup yang manis bagi pensi kali ini.

Setelah acara selesai kami satu angkatan berfoto bersama menandakan sukses dan solidnya angkatan kami ini. Setelah foto angkatan kami berfoto ria bersama sahabat, teman, mungkin pacar dan para gebetan J. Kami benar – benar pulang pukul 6 lewat. Ada beberapa dari kami melanjutkan untuk jalan bersama dengan teman – temannya. Ada juga yang memilih untuk beristirahat melepas kelelahan beberapa bulan ini menyiapkan persiapan pensi. Itu dia cerita dari saya, semoga dapat mengisi kekosongan waktu kalian.

Senin, 31 Oktober 2016

INVITA 2016

Invita adalah singkatan dari Industri Visit dan Tafakur Alam. Invita ini diadakan oleh SMP Labschool Jakarta. Siswa yang mengikuti kegiatan ini adalah kelas 8.Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 19-23 November. Pada hari rabu puku 7 malam kami semua sudah berkumpul di stasiun gambir. Kemudian pukul 8 kami mulai menaiki kereta api Argo Lawu. Selama perjalan kita ngobrol,main,bercanda dan tidur walaupun sebentar. Kami semua sampai Stasiun Tugu pada keesokan harinya pada pukul 04.00 pagi. Cuacanya bagus, sejuk, dan rasanya ingin membawa kita kembali lagi.

Hari pertama, kita menuju tempat peristirahatan dimana sema siswa Labschool dipersilahkan untuk salat, bersih-bersih, dsb. Setelah semuanya selesai, kite semua makan di sebuah resto, yang terdapat di dalamanya. Setelah selesai, kita semua menuju ke Sabila Farm. Sabila Farm terdapat banyak buah-buahan langka di dalamnya. Seperti buah sirsak raksasa, buah naga kuning, dll. Di salbila farm sangat panas sehingga membuat kita gerah dan keringgat bercucuran. Setelah dari Sabila Farm, kita semua pergi lagi menuju PT. Sritex. PT. sritex tersebut, adalah pabrik pembuatan baju-baju gitu, yang sudah lama dan sangat berpengalaman. Perjalanan lumayan jauh, kita makan siang di dalam mobil hingga sampailah di Jogja t-shirt. Tempat dimana kaos-kaos oleh-oleh baju Jogja berada. Disana terdapat pabrik di bagian bawahnya, dan diatasnya terdapat toko. Setelah semuanya membeli pakaian atau oleh-oleh yang diinginkan, para bus pariwisata menuju ke resto sebelum akhirnya kita semua ke hotel. Kami menginap ke hotel Cavinton. Hari pertama selesai.

Hari kedua kali ini kita akan berkunjung ke keraton. Pukul 8 armada bis labschool sudah siap berangkat ke keraton. Karena jalan nya kecil kami diturunkan dan kemudian menggunakan shuttle yang sudah di sediakan. Ke keraton, kita semua melihat-lihat dan memvideokan segala hal yang penting. Setelah dari keraton, kita semua pergi ke sebuah desa, dimana kita diajarkan untuk membatik di dalamnya. Dan ternyata, membatik itu lumayan sulit. Setelah semua siswa membatik, bus menuju ke Pantai Parangtritis. Disana kita main air, dan main atv. Namun saat bermain atv ada pengalaman yang pahit kita di tipu yang seharus nya bermain selama 20 menit kita sudah disuruh mengembalikan atv padahal baru 5 menit.Dan atv mereka dalam kondisi yang sangat buruk ada yang suka mati dan aja yang tidak bisa kencang. Setelah itu kita kembali lagi ke bus, dan berencana pergi ke malioboro, yang harusnya kemarinnya. Di malioboro asik, banyak lampu-lampu, dan cuacanya sangat sejuk. Setalah selesai, kita ke Hotel Cavinton. Hari kedua selesai.

Hari ketiga merupakan hari terakhir jalan jalan di jogja.Pada hari ini kita akan menuju Gunung Merapi.Disana kita melakukan lava tour.Lava tour adalah sebuah kegiatan keliling gunung merapi menggunakan jeep melalui jalan off road. Sangat seru supir jeep saya membawa jeep dengan kecepatan penuh melewati jeep jeep lain nya. Kami mengunjunggi batu alien, bungker serta museum bekas barang barang yang terkena letusan gunung merapi.Disana kami menyempatkan banyak waktu untuk berfoto foto.Bisa dibilang Lava tour merupakan kegiatan yang paling saya suka.Setelah itu kami langsung menuju bus dan melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur.Kami sempat berhenti di rumah makan orang utan untuk makan siang shalat serta beristirahat sejenak.Setelah itu perjalanan sekitar 10 menit sampailah di Borobudur.Di Borobudur sangat panas dan saat itu saya sudah sangat lelah.Kami pun menaiki tangga untuk sampai ke puncak candi.Setelah itu kami mampir di souvenir shop tapi tidak beli souvenir melainkan hanya beli minum. Sesudah itu kami jalan menuju bis dengan cepat karena kami harus mengejar kereta di stasiun tugu pukul 8 malam.Tetapi kami berhenti sejenak di pusat oleh oleh Djava. Dan kemudian berbegas langsung menuju stasiun.Sampai di stasiun kami di kumpulkan dan disuruh shalat.Pukul 8 kereta sudah tiba di stasiun.Alhamdulillah kereta tiba tepat waktu. Namun karena saya dapat gerbong lama sehingga terasa sangat panas.Namun setelah jalan gerbong mulai terasa agak dingin.Kali ini karena sudah pada lelah tidak sesemanggat seperti pas menaiki kereta menuju jogja saya pun tertidur. Bangun bangun kereta sudah sampai bekasi. Dan saya merapihkan barang bersiap siap karena sebentar lagi sampai di stasiun gambir.Pukul 4 pagi kami tiba di stasiun gambir.Saya dijemput oleh kedua orang tua dan langsung ke rumah untuk tidur beristirahat.

SELESAI

Senin, 10 Oktober 2016

Pengalaman PTS Smp Labschool 2016

Nama saya Diyan Fattah Kwana kali ini saya akan menceritakan pengalam PTS. Pada hari senin,3 oktober 2016, smp labschool Jakarta melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS),kegiatan diadakann selama lima hari mulai dari senin sampai jumat. Setiap pagi siswa kelas 7,8,9 dikumpulan di hallma untuk melakukan doa bersama,doa bersama diadakan pada pukul 7.15 tetapi banyak siswa yang hadir sebelum jam 7.15 karenan ingin belajar bersama disekolah.

Pada penilaian tengah semester ada 10 mata pelajaran dan setiap hari ada dua pelajaran pada jam pertama dimulai pada jam 7.30-9..30, dan jam pelajaran kedua pada jam 10.00-11.30.Saya ada di rungan ke-13 yaitu di lantai 2 tepat nya di kelas 8E.Kelas saya digabung dengan kelas 7D saya duduk bersama bintang adkel .Pada hari senin ada Bahasa Indonesia dan agama,pelajaran Bahasa Indonesia kita mempelajari tentang teks berita, fable, dan puisi, menurut saya teks berita dan fabel lebih gampang dari pada tentang puisis karena pelajaran teks berita dan cerita fable sering dibahas oleh gurunya sedangkan puisi jarang di bahas oleh gurunya dan teks berita dan fable catatanuya banyak sedangkan puisi tidak ada catatan pelajaran kedua ada agama islam, sedangkan yang non muslim belajar sesuai agamanya masing masing agama islam belajar tentang bab 1, bab 2, bab 3

Pada bab 1 kita mempelajari tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana, pada bab 2 kita belajar tentang makanan halal dan haram yang terakhir ada bab 3 yang berisi tentang larangan meminum minuman keras dan berjudi.Pada hari selasa ada pelajaran matematika dan prakarya menurut saya matematika merupakan PTS yang paling susah.Materi nya adalah Pythagoras dan Aljabar.Alhamdulilah saya mengerti kedua pelajaran tersebut namun pada saat Tes bagian Pythagoras  bisa dibilang sangat susah.Kemudian prakarya tentang pengolahan limbah menurut saya lumayan mudah walaupun saya tidak sempat belajar prakarya karena fokus pada matematika.

Pada hari rabu ada pelajaran Bahasa inggris dan Pendidikan Kewarganegaraan.Bahasa inggris dilaksanakan duluan waktu nya adalah dari pukul 7.30 yaitu setelah doa bersama sampai pukul 9.30 tetapi bel pertama adalah pukul 9.15.Bahasa inggris saya dapat menyelesaikan dengan baik.Kemudian saya istirahat dan sekaligus belajar.Karena pasti Pkn akan sangat susah.Disebabkan karena guru saat mengajar nya tidak dapat menjelaskan dengan baik sehingga kami harus belajar dari berbagai sumber termasuk slide dan rangkuman yang saya dapat dari kelas lain.Sambil belajar kami juga bercanda untuk mengilangkan rasa stress dan jenuh pada akhir nya saat itu disebut waktu istirahat yang harus nya digunakan untuk bertawa canda.Kemudian terdengar bel menandakan waktu nya PTS yang ke 2 yaitu Pkn.Sebelum mengerjakan tak lupa saya berdoa.Alhamdulilah saya dapat mengerjakan walaupun ada 3-4 nomer yang ragu.

Pada hari kamis ada pelajaran IPA dan Seni Budaya.IPA sangat susah terutama biologi hafalan nya luar biasa banyak terutama pada materi rangka manusia.Pada materi gerak pada tumbuhan cukup mudah karena tidak terlalu banyak dan saya sudah mengerti.Materi fisika nya adalah gerak dan gaya,cukup mudah karena Antara gerak dan gara cukup sama/saling berkaitan.Seni budaya tidak kalah susah hafalan nya sangat banyak karena ada materi seni rupa dan seni musik.Selesai PTS pada hari itu saya sangat capek dan lelah setelah kemarin perjuangan belajar sampai malam.

Pada hari jum’at ada pelajaran ips dan penjasorkes.Materi ips adalah asean,tatapi kami hanya fokus pada 5 negara yaitu Indonesia,Malaysia,Singapore,Thailand dan philiphina.Pada hari itu merupakan titik jenuh saya setelah 4 hari berturut-turut melakukan PtS namun sekaligus saya senang karena hari terakhir PTS.Materi Penjasorkes adalah handball dan lari jarak menengah.Materi jarak menengah sudah di pelajari pada keals 7 jadi hanya mengulang,namun untuk handball merupakan materi baru.Seperti biasa kami berdoa kemudian menuju ruang masing masing untuk melakukan PTS.Berjam-jam telah berlalu sampai akhir nya pukul 10.45 yaitu pada saat PTS  terakhir (penjasorkes) bel berbunyi manandakan akhir PTS Smp Labschool Jakarta 2016.Saya sangat senang namun takut menunngu hasil nilai namun saya tatap optimis nilai nya bagus semua. Amin..

Kamis, 14 April 2016

Pelantikan Pramuka SMP Lab School Jakarta 2K16

Pelantikan pramuka

Pada tanggal 27 februari 2016 siswa kelas tujuh smp labschool Jakarta melakukan pelantikan pramuka penggalang ramu di depok atau cilodong. Awal awal pagi pagi kita melakukan apel di sekolah dan berkumpul bersama kelompok kelompok nya setelah itu kita dibagi bagi ke tronton tronton yang ada lalu kita naik tronton lama sekali lalu kita bernyanyi di tronton bersama sama lalu setelah sampai aku dan kelompok regu ku pergi berbaris sambil beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya lalu kita diperintah kan untuk dudu dan para ketua disuruh pergi berkumpul dan kembali membawa kertas yang isinya soal soal yang diperintahkan untuk dikerjakan para anggiota masing masing regu. Setelah itu kita diperintahkan untuk bersama sama brbaris dan pergi ke masing masing pos bersama para rgu
 Pos pertama brisi kode kehormatan bersama ka risqa dank a asha lalu kita bersama disuruh menyebutkan apa saja kode kehormatan dan apa penerapannya kode kehormatan ada yaitu :

Trisatya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
Mnjalankan kewajibanku kepada Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila;
Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat;
Menepati Dasadarma

8. Disiplin, berani dan setia
9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Lalu di pos ke 2 kita harus malksanakan semaphore dan kita harus tau dari a-z dalam gerakan bendera semaphore oleh karna itu kita harus belajar beberapa menit lalu menebak kata kata apa yg berusaha dikatakan kaka Pembina nya. Semafor adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semafor. Pengiriman sandi melalui bendera semafor ini menggunakan dua bendera, yang masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm. Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning,  di mana letak warna merah selalu berada dekat tangkai bendera. Pada awal abad ke 19, semafor digunakan dalam komunikasi kelautan.
Pos 3 adalah tentang melaksanakan tali menali yang membuat tandu dan menggunakan simpul pangkal simpul mati dan lain lain oleh karena itu jadinya kita harus menggotong salah satu anggota ter kecil keatas tandu tersebut dan melalui haling rintang yng ada
Lalu pos keempat adalah halang rintang tersebut yang sangat banyak tali tali yg mengitari di sekitar pohon pohon jadikita harus membawa sang korban ke sebrang haling rintang
Setelah itu pos kelima adalah pbb dan morse di pbb itu adalah pasukan baris berbaris disana kita harus berbari dan hadap kanan atau kiri lalu kita

Saksi SMP Lab School 2K16

SAKSI  2016

Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia (SAKSI) yang dilaksanakan oleh siswa smp Lab School kelas 7 pada tanggal 5-7 Februari 2016 di Gunung bunder .Kegiatan ini meliputi pra saksi yang dilaksanakan tanggal 1-3 Februari 2016.Tujuan pra saksi adalah mempersiapkan siswa sebelum menghadapi saksi seperti lari pagi,menghafal lagu saksi ,membuat vandel,mengecet tongat dan masih banyak lagi.

Pada hari Jum’at 5 februari kegiatan saksi dimulai dengan apel pagi di holma.Kemudian kita langsung menuju tronton (Truck tentara ) kelas masing-masing.Selama perjalan kita beradu nyanyi lagu saksi dengan kakak-kakak osis.Seperti lagu oto bemo,halo-halo lab school dan masih banyak lagi.Di perjalanan kita melewati hutan pinus yang indah Sesampai di rindam jaya kita turun dari tronton tetapi kita harus jalan turun jauh sekali dengan membawa tas berat kita.Kemudian akhir nya sampai di lapangan dimana dilaksanakan apel penyerahan siswa siswi smp lab school.

Mulai sekarang kita akan diurus oleh tentara dan kakak kakak osis sekolah tidak ikut campur lagi.Setelah apel selesai kita turun menuju barack 2/barack laki laki untuk menaruh tas.Lalu untuk yang laki laki kita dipanggil keluar dan berbaris untuk melakukan perjalanan keatas yang jauh ke masjid melaksanakan shalat jum’at.Selesai shalat jum’at kita turun lagi ke barrack dan kegiatan kita adalah makom.Makan komando (makom) kita harus menghabiskan makanan dalam waktu yg telah diberikan dan badan kita harus tegak.Untuk sebagain besar peserta saksi mungkin ini adalah pertama kali nya melaksanakan makom.Memang tidak enak tetapi mau tidak mau kita tetap harus menghabiskan makanan kita.Sesudah itu kita mendapatkan  materi tentang ular oleh pencinta alam di aula.Mereka menjelaskan perbedaan ular berbisa dengan yang tidak dan pertolongan pertama pada gigitan ular.Lalu kegiatan selanjutnya adalah fashion show yang dilakukan oleh perwakilan kelompok masing masing.Fashion show berlangsung sangat meriah dengan suara lagu-lagu dan tepukan tangan yang meriah.
Kemudian selesai fashion show kami turun ke barack untuk mandi.Tepati waktu yg diberikan yang sebentar sehingga saya tidak dapat giliran mandi.Saya memutuskan untuk membersihkan badan dengan tissue basah.Setelah itu kami makan malam dilaksanakan secara makom juga.Lalu kita melakukan perjalan lagi ke atas menuju aula dan mendapatkan materi dari tentara tentang kepemimpinan.Setelah itu kita turun menuju barack untuk tidur/istirahat malam.

Esok paginya kita dibagunakan untuk shalat shubuh di barack.Kemudian kita mendegarkan sebentar kultum dan mendapatkan pengarahan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari sabtu 6 Februari 2016.Sesudah ini kita senam pagi yang dilakukan di depan barack.Lalu kita makan pagi dilaksanakn secara makom.Tetapi kali ini berbeda kita dipasangkan dengan perempuan dan disuruh untuk saling suap meyuap..

Setelah itu kita dipersilahkan mengganti menjadi seragam saksi untuk persiapan outbond.Outbond nya bisa dibilang lumayan seru tetapi saya hanya dapat mencoba 1 pos saja kerena antrian yang panjang terjadi pada pos flying fox.Kemudian sesudah outbond kita melaksanakan upaca pelantikan saksi.Sesudah itu kita makan siang (makom).
Lalu kita melaksanakan perjalan menuju curuk.Di curuk kita mandi.Air nya sangat dingin tetapi terasa sangat segar.Sesudah itu kita balik menuju barack masing masing dan kita diberi waktu untuk mandi.Kemudian di malam hari kita mengadakan pensi saksi yang diikuti oleh seluruh kelompok putra dan putri.Kemudian sesudah pensi kita dipersilahkan untuk tidur.

Esok paginya seperti biasanya kita dibangunkan shalat shubuh.Lalu kita sarapan (makom) menyuap teman yang di depan kita .Selesai itu kita disuruh untuk merapihkan barang barang dan melakukan perjalan nanjak menuju tronton.Lalu perjalanan pulang menuju labschool dimulai.Sungguh melelahkan karena perjalanan pulang macet dan di tronton sangat panas.Akhir nya sampai juga di labschool dan saya langsung pulang ke rumah